Inilah Cara Mudah Backup Whatsapp

Inilah Cara Mudah Backup Whatsapp

Banyak orang yang mengalami permasalahan atau bingung bagaimana cara melakukan backup whatsapp saat ganti hp android baru. Padahal didalam aplikasi whatsapp itu banyak terdapat chat yang penting. 

Untuk permasalahan ini kamu tidak perlu khawatir lagi, karena kamu bisa memanfaatkan fasilitas yang diberikan whatsapp untuk melakukan backup dan restore saat melakukan pergantian hp android.  Cara melakukannya sangat mudah dan simpel, karena semua file backup akan tersimpan di google drive sehingga bisa kamu akses kapanpun. Kali ini saya akan memberikan langkah – langkah yang harus kamu lakukan untuk melakukan backup whatsapp kamu.

Cara Backup Whatsaap Ke Hp Lain

Cara melakukan backup whatsapp ini sangat mudah. Tetapi sebelum kamu mulai melakukan backup sebaiknya pastikan dulu email yang kamu gunakan aktif dan tidak lupa passwordnya. Langkah – langlahnya adalah sebagai berikut:
  1. Buka aplikasi whatsapp di smrtphone kamu lalu masuk ke menu setting >> chat >> chat backup.
  2. Setelah berada di benu chat backup, kamu bisa langsung melakukan bacup chat whatsapp kamu. atau kamu juga bisa mengatur interval backup-nya apakah harian, mingguan, atau bulanan bahkan tidak sama sekali.
  3. Setelah itu klik backup, maka akan muncul menu untuk memilih akun google yang kamu punya. Sebaiknya kamu pilih akun google yang biasa kamu gunakan sehari – hari.
  4. Kalau pada account google kamu muncul username google kamu, maka proses ini sudah dapt dipastikan berhasil.
  5. Pastikan koneksi internet yang kamu miliki dalam kondisi baik, apalagi chat yang ingin kamu backup sangat banyak agar terbackup dengan baik diperlukan koneksi internet yang baik pula.

Cara Restore Chat Whatsapp

Setelah kamu berhasil melakukan backup chat whatsapp kamu, sekarang selanjutnya adalah melakukan restore chat yang tadi dibackup kedalam smartphone kamu yang baru. Langkah – langkahnya adalah sebagai berikut:

  1. Download dan install whatsapp seperti biasanya.
  2. Buka whatsapp kamu lalu daftarkan nomer hp kamu.
  3. Selanjutnya kamu lakukan verifikasi.
  4. Setelah itu akan muncul notifikasi kalau ada file backup di google drive.
  5. Klik restore/pulihkan untuk mengembalikan semua history chat whatsapp kamu.

 

Cara Backup Dan Restore Whatsapp Tanpa Menggunakan Google Drive

Jika kamu lupa atau terburu – buru menghapus aplikasi whatsapp tanpa melakukan backup terlebih dahulu. Kamu tidak perlu khawatir karena history chatkamu masih dapat terselamatkan dan dapat kamu restore ke hp kamu yang baru. Karena setiap jam 02:00 setiap harinya whatsaap akan melakukan backup secara berkala kedalam memory internal hp kamu. nah file inilah yang akan kita gunakan. Begini caranya:

  1. Kamu dapat mengakses file autobackup ini di memori internal, kamu cukup masuk ke internal storage >> whatsapp >> databases.
  2. Di dalam folder databeses ini semua file bakup akan tersimpan kamu tinggal memilih file mana yang akan kamu restore.
  3. File backupnya biasanya mempunyai nama msgstore.db.crypt12 atau bisa juga bernama yang lainnya.
  4. Selanjutnya kamu bisa menyambungkan dengan USB OTG atau kabel data ke laptop/PC kamu.
  5. Setelah berhasil di copy paste selanjutnya kamu hubungkan hp baru kamu ke laptop/PC menggunakan USB OTG atau kabel data.
  6. Cari folder dengan nama yang sama yaitu databeses di internal storage >> whatsapp >> databeses.
  7. Masukkan file msgstore.db.crypt12 kedalam folder tersebut.
  8. Kalau whatsapp sudah kamu gunakan sebelumnya sebaiknya kamu uninstall lalu kamu install ulang lagi, karena file yang kamu pindahkan tidak akan terbaca dan berpotensi akan tertimpa file autobackup yang baru.
  9. Setelah selesai, kamu bisa melanjutkan dengan mendaftarkan nomer hp kamu dan melakukan verifikasi.
  10. Nanti kamu akan mendapat notifikasi adanya file backup, kamu tinggal klik restore atau pulihkan
  11. Selesai. File backup dari hp android lama kamu berhasil dipindahkan tanpa menggunakan google drive.
Catatan: untuk kamu yang menggunakan whatsapp business, cara yang digunakan sama saja hanya direktorinya yang berbeda menjadi internal storage >> whatsapp business >> databases.
 
Itulah cara membackup data whatsapp kamu kedalam hp android baru dengan ama dan tertunya sangat mudah. Sebaiknya kamu melakukan backup secara berkala agar tidak kerepotan jika harus berganti hp android baru. Semoga artikel ini bisa bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel