Tips Fotografi Arsitektur Untuk Pemula Dengan Kamera Hp

Tips Fotografi Arsitektur Untuk Pemula Dengan  Kamera Hp

Fotografi arsitektur atau bangunan adalah salah satu bagian dari seni fotografi yang sedang banyak digemari belakangan ini. Karena ternyata, desain lekuk bangunan atau sudut dari suatu bangunan adalah objek foto yang sangat bagus. Berikut akan saya jelaskan tips fotografi arsitektur untuk pemula. Kamu bisa mendapatkan foto – foto desain bangunan yang bagus dan menarik. Setelah mendapatkan foto – foto tersebut, selanjutnya bisa kamu upload kedalam sosial media kamu.

Tips fotografi arsitektur untuk pemula menggunakan kamera smartphone.


1. Riset Tempat
Sebelum kamu mengunjungi suatu tempat, ada baiknya kamu melakukan riset terlebih dahulu. Hal ini penting karena jika kita mengetahui detail tempat tersebut, kita akan mendapatkan hasil foto yang menarik. Untuk melakukan riset kamu bisa mencari referansi dari mesin pencari dan berbagai media social.
Kamu akan melihat berbagai foto yang menarik yang bisa kamu jadikan inspirasi kamu nantinya. Jangan lupa cari tahu asal – usul, kejaian menarik, dan cerita – cerita bangunan tersebut untuk bahan kamu membuat caption atau untuk mendeskripsikan bangunan tersebut.

2. Sesuaikan Mode

Ada baiknya kamu harus melakukan kegiatan memotret dengan menyesuaikan mode baik portrait atau landscape. Misalnya, jika kamu ingin memotret bangunan tinggi seperti menara sebaiknya kamu memotret menggunakan mode portrait. Sedangkan jika ingin memotret bangunan datar dan agak jauh sebaiknya kamu menggunakan mode landscape. Jangan pernah takut untuk mencoba mana yang baik sesaui dengan objeknya.

3. Kondisi Cahaya
Perhitungkan kondisi cahaya saat kamu melakukan memotret bangunan. Cahaya alami dari matahari akan memberikan gambar dengan berbagai efek yang berbeda. Gambar akan menghasilkan sudut atau bayangan yang menarik saat kita melakukan kegiatan memotret diwaktu yang tepat.
Untuk mencobanya silakan kamu mengambil gambar diwaktu yang berbeda mulai dari pagi, siang, sore, atau malam hari. Saya jamin kamu akan mendapatkan gambar yang sangat menarik.

4. Gunakan Kamera Sebagai Mata
Saat kita melihat bangunan dengan mata kita, semua bangunan akan terlihat sama saja. Untuk mendapatkan prespektif yang berbeda gunakan kamera sebagai pengganti mata kita. Arahkan kamera smartphone kamu kebagian ujung atau sudut – sudut untuk mendapatkan angel yang menarik.

5. Perhatikan Detail – Detail Yang Menarik
Untuk menampilkan detail yang menarik dari suatu objek kamu bisa memotret dengan angel close up. Dengan cara ini kamu akan mendapatkan gambar yang berbeda dengan orang lain. Kamu harus jeli melihat detail bangunan yang akan kamu foto, apa ada pola dinding yang bagus, gagang pintu yang menarik. Atau ukiran yang artistik.

Itulah tips fotografi arsitektur menggunakan kamera smartphone untuk kamu yang masih pemula. Intinya jangan pernah takut untuk mencoba hal – hal yang baru untuk mendapatkan foto yang mengagumkan.
Selamat mencoba

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...