penyebab hp android restart terus dan cara mengatasinya

Penyebab Dan Cara Mengatasi Hp Android Yang Restart Terus

Pada dasarnya hp android itu butuh perawatan, kinerja yang berlebihan akan membuat hp android menurun umur pakainya. Banyak tanda - tanda hp android sudah menurun kinerjanya, sperti sering blank, restart terus menerus, atau terjadi bootloop.

Salah satu dari penyakit dari hp android adalah sering nya hp android kamu melakukan restart terus menerus. Kalau setelah restart berhenti di logo biasanya hp android kamu mengalami bootloop.  Tetapi jika hanya restart biasa dengan langkah – langkah sederhana dibawah ini mungkin masih bisa menolong hp android kamu. Atau kamu anggap saja langkah yang kamu lakukan ini sebagai pertolongan awal sebelum emvonis hp android kamu rusak total sehingga harus di bawa ke tempat servis atau service center dari merk hp android kamu. 

Penyebab dan cara mengatasi hp android restart terus menerus

1. Kerusakan Sistem

Hal yang sering terjadi jika hp android kamu restart terus bianya terjadi kerusakan system android di hp kamu, bahasa umumnya software android di hp kamu ada yang hilang atau rusak jadi hp android kamu sering restart.  Hal ini bisa terjadi karena kamu menghapus file penting dari software hp, atau pemakaian aplikasi yang banyak, bahkan kerusakan system bisa juga karena adanya virus di hp android kamu.

Cara mengatasinya jika hp kamu restart terus menerus akbat dari banyak aplikasi yang terinstall adalah dengan menghapus aplikasi – aplikasi yang jarang kamu gunakan atau tidak terlalu penting. Jangan lupa hapus juga file cache dari hp android kamu. Sedangkan jika penyebab dari hp kamu restart terus adaah kamu menghapus file atau kena virus sebaiknya kamu melakukan hard reset atau factory reset. Sebelum melakukan hard reset kamu simpan atau ingat username dan password  semua akun – akun yang ada di hp android kamu. Supaya nanti mudah saat kamu melakukan login kembali. Jika langkah ini masih belum berhasil sebaiknya kamu melakukan flash ulang yang cara akan rumit bagi sebagian orang. Karena setiap hp android memiliki cara flash yang berbeda – beda.

2. Memori Internal Penuh

Hal ini masih ada kaitannya dengan banyaknya aplikasi yang kamu install pada hp android kamu. Apalagi kamu sering mengupdate aplikasi – aplikasi tersebut  yang akan memenuhi kapasitas memori internal hp android kamu.

Cara mengatasinya kamu harus rutin menghapus foto, video yang sudah tidak kamu pergunakan lagi. Biasanya file – file ini datang dari aktivitas kamu bersosial media seperti whatsapp, facebook amupun twitter.  Usahakan memori internal hp kamu berada diatas 500 MB agar ada ruang yang cukup untuk bekerja dan hp andrid kamu tidak restart – restart lagi.

3. Memori Eksternal Rusak/Error

Ini yang terjadi dengan hp android saya ketika mengalami restart terus menerus, ternyata memori eksternal atau SDcardnya sudah rusak atau eror. Karena ada sebagian aplikasi yang terinstall di memori eksternal hp saya.  Gejalanya adalah hp android sering tidak membaca keberadaan memori eksternal tersebut. Kamu bisa mengatasinya dengan melakukan format ulang pada SDcard kamu yang sebelumnya data – data SDcard kamu back up dulu. Lalu coba pasang kembali.  Jika tidak bisa melakukan format baik dengan hp ataupun dengan PC/Laptop.

4. Kerusakan Pada Tombol On/Off

Jika tombol on/off pada hp android kamu bermasalah, seperti konslet bisa menyebabkan tombol seperti tertekan terus menerus. Maka hp android kamu akan hidup dan mati dengan sendirinya. Jadi sebaiknya kamu cek apakah tombol on/off hp android kamu dalam keadaan baik – baik saja. Untuk kamu yang mempunyai hp android dengan baterai yang bisa dilepas, coba lepas baterainya lalu pasang kembali, jika langsung hidup kemungkinan besar ada masalah pada tombol on/off baterai kamu

5. Kerusakan Pada Memori Internal (Emmc)

Hal ini sering terjadi, ketika hp android kamu bootloop. Biasanya kamu akan melakukan flash ulang jika sudah melakukan flash ulang tetapi ada file dari OS yang corrupt, hal ini bisa karena memori internal hp android kamu mengalami penurunan kinerja atau bahkan sudah rusak. Agak sulit untuk mengganti memori internal hp android, kamu harus menggantinya di tempat servis yang kamu percaya.

6. Baterai Rusak

Umur baterai atau baterai yang sudah mulai drop akan menyebabkan hp android kamu restart terus menerus. Karena pada saat hp kamu dinyalakan aliran listrik yang dibutuhkan kurang. Apalagi baterai hp android kamu berbahan polymer yang ditandai dengan baterai hp yang kembung. Sedangkan untuk baterai tanam kamu akan kesulitan untuk menggantinya. Kalau kamu tidak berani membongkar sebaiknya kamu bawa hp android kamu ketempat servis.

Itulah beberapa penyebab dan cara mengatasi hp android yang mengalami restart terus – menerus yang bisa kamu coba perbaiki sendiri.
Tips untuk menghindari hp kamu restart terus – menerus adalah dengan cara hindari penggunaan yang terlalu ekstrim seperti main game terlalu lama, hal ini bisa menyebabkan hp android kamu panas yang bisa merusak baterai dan komponen lainnya. Hindari aplikasi yang mencurigakan, karena bisa jadi aplikasi itu adalah virus yang bissa menyebabkan kerusakan hp android kamu. Perluas memori internal jangan sampai terlalu penuh dan lalukan update secara berkala system OS hp android kamu.

Semoga bermanfaat


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...