Tips Membeli Handphone Second

Tips Membeli Handphone Second

Membeli handphone second terkadang menjadi pilihan bagisebagian orang karena keterbatasan dana.  Namun sebelum kamu membeli handphone second ada baiknya memperhatihan hal – hal berikut aga kamu tidak tertipu. Inilah hal – hal yang harus kamu perhatikan sebelum membeli handphone second.

1. Cek Harga Di Pasaran
Cek harga sangat perlu karena agar ada kesesuaian harga ketika membeli smartphone second.  Karena biasanya sebuah merk handphone mempunya patokan harga second yang bisa kamu peroleh disitus jual beli. Jadi kamu bisa waspada jika harga yang ditawarkan jauh dibawah harga pasaran bisa jadi handphone tersebut KW atau rusak parah.

2. Cek fisik Dari Handphone
Hal yang perlu kamu perhatikan sebelum membeli handphone adalah memeriksa fisik dari si handphone. kamu tidak perlu ragu untuk mencoba berbagai fitur yang terdapat di handphone yang ingin kamu beli. Kamu bisa cek mulai dari 
  • Tombol power dan volume (pastikan pasih empuk dan enak dipakai).
  • Colokan USB (pastikan handphone yang ingin kamu beli bisa dicharg).
  • Speaker dan microphone juga pastikan berfungsi dengan normal.
  • Jack audio 3,5 mm juga kamu periksa apakah tersendat – sendat.

3. Cek Semua Fitur Handphone
Langkah ketiga adalah kamu juga harus memeriksa fitur – fitur yang terdapat dihandphone tersebut meliputi:
  • Cek layar, kamu pastikan layar sentuh handphone yang akan kamu beli masih berfungsi dengan baik. Kamu bisa cek dari atas, bawah, kanan, kiri sampai pada sudut – sudutnya
  • Cek konektivitas, kamu harus cek jaringan seluler, WIFI, Bluetooth, dan GPS. Bila perlu kamu cek menggunakan simCard kamu.
  • Cek kamera, kamu harus coba mengambil gambar baik dengan kamera depan atau belakang, dengan flash dan tidak dengan flash.
4. Cek Kelengkapan
Banyak handphone second yang dijual tanpa memiliki kelengkapan dalam paket penjualan seperti, kartu garansi,  buku panduan, kabel data USB, kepala charger, pin ejector, earphone dan lain – lain. Kamu harus aktif dalam bertanya soal kelengkapan handphone second yang ingin kamu beli.

5. Cari Handphone Second Yang Masih Bergaransi
Yang namanya handphone second, kemungkinannya rusaknya sangat tinggi, handphone second yang masih bergaransi bisa kamu pertimbangkan, setidaknya masih memiliki kartu garansi selama 6 bulan. Atau kalau handphone second yang kamu idamkan susah kamu dapatkan yang masih memiliki garansi, kamu bisa mencari handphone idaman kamu yang baru habis masa garansinya.

6. Cek Imei
Cek imei juga sangat penting karena sekarang kemkominfo akan menerapkan aturan baru soal handphone ilegal. Melalui nomer imei kamu akan mengetahui keaslian dari handhone yang akan kamu beli.  Kamu tinggal menekan tombol *#06# maka secara otomatis nomor imei handphone akan keluar. Hal ini untuk mengantisipasi kamu membeli handphone palsu atau garansi distributor.

Dari langkah – langkah diatas semoga bisa membantu kamu waktu mencari handphone second yang akan menjadi pilihan kamu. Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...