Cara Cek Imei Di Semua Smartphone


Cara Cek Imei Di Semua Smartphone
Pada awal Agustus nanti pemerintah melalui Kementrian Komunikasi dan Informatika mulai menerapkan kebijakan baru terhadap smartphone yang berasal dari luar negeri. Hal ini betujuan untuk memberantas keberadaan pnsel ilegal, jadi pemakai ponsel yang berasal dari luar negeri tidak bisa memakai simcard operator seluler dari dalam negeri. Kemkominfo akan bekerja sama dengan kementrian perindustrian serta kementrian perdagangan untuk membuat peraturan tentang IMEI ini.
Saat ini kemkominfo sudah membuat situs untuk para pengguna ponsel menge-cek IMEI mereka terdaftar atau tidak. Jika IMEI kamu tidak terdaftar maka kemungkinan smartphone yang kamu pakai adalah smartphone tidak resmi atau black market (BM).

Bagaimana cara cek IMEI pada smartphone
Lalu bagaimana cara cek imei smartphone yang sedang kamu pakai sekarang? Ada beberapa cara untuk mengetahui IMEI dari smartphone. Berikut caranya

      1. Dial *06#

Dengan menekan tombol *06# pada smartphone kamu, maka akan langsng muncul nomor IMEI smartphone kamu. Cara ini bisa dilakukan pada semua smartphone baik itu Samsung, Xiaomi, Oppo, Vivo dan lain – lain.

      2. Melihat langsung pada menu smartphone

Cara yang kedua adalah dengan melihat langsung nomor IMEI kamu di dalam menu smartphone. Caranya kamu cukup masuk ke setting >> system >> about phone. Naanti akan muncul halaman yang memuat informasi tentang ponsel kamu seperti model, build number, versi android dan tentunya nomor IMEI.

      3. Menggunakan myimei
Myimei adalah aplikasi yang dibuat khusus untuk menampilkan informasi nomer IMEI. Kamu cukup install aplikasi myimei dapa smartphone kamu satelah itu buka aplikasinya dan secara otomatis informasi nomor IMEI kamu akan tampil.

      4. Melihat bagian belakang smartphone

Biasanya produsan smartphone dahulu mencantumkan nomer IMEI dibelakang baterai smartphone. Dan untuk smartphone yang baterainya tidak bisa di copot atau non removable biasanya nomor IMEI tercantum pada bagian belakang.

      5. Melihat didalam box
Bisanya box smartphone akan terdapat nomer IMEI dan spesifikasi. atau kalau sekarang biasanya terdapat didalam box dalam bentuk stiker.


Cara cek IMEI disitus Kemenperin

Setelah nomor IMEI kamu berhasi diketahui, sekarang waktunya kamu cek nomor IMEI disitus Kemenperin untuk mengetahui IMEI kamu ada dalam database atau tidak. Cara kamu kunjungi situs http://www.kemenperin.go.id/imei/ lalu masukkan nomer imei. Jika terdaftar maka akan tampil halaman yang berisi nomeri imei, perusahaan, merk ponsel, model. Jika tidak terdaftar maka akan muncul informasi bahwa nomor IMEI tidak terdapat pada database. tetapi untuk sekarang kemenperin sedang mempersiapkan menu wesite dan database untuk imei yang beredar diIndonesia

Seperti itulah cara mengecek IMEI dan  mengetahui apakah nomor IMEI terdaftar secara resmi atau tidak. Semoga dengan adanya aturan seperti ini diharapkan pengguna ponsel membeli ponselnya secara resmi.



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...