Tips Memilih MicroSD Untuk Smartphone

Menurut Wikipedia microSD adalah adalah kartu memori non-volatile yang dikembangkan oleh SD Card Association yang digunakan dalam perangkat portable. Sering kita temui ada microSD dengan kapasitas yang sama tetapi memiliki harga yang berbeda. Hal ini karena ada perbedaan kecepatan dalam membaca dan menulis pada microSD card tersebut. Jadi microSD tidak diciptakan secara seragam.

MicroSD juga terdapat bermacam - macam kelas, seperti class 2, 4, 6, 10. Pengkelasan ini didasarkan pada kecepatan minimum si microSD dalam menerima dan menyimpan data. Class 4 artinya 4 Mb/s, class 6 artinya 6 Mb/s dan seterusnya. Tetapi klasifikasi ini ngetrend pada 5-6 tahun yang lalu, Sekarang microSD sudah ngebut kecepatannya. Untuk itu dibutuhkan klasifikasi yang baru untuk mengelompokkan microSD yaitu UHS (Ultra High Speed) speed class. Kamu bisa liat dikemasan microSD kamu ada logo seperti dibawah ini 

Ada yang tulisannya 1 dan ada yang tulisannya 3. Yang berarti jika tulisannya 1 mempunyai kecepatan minimum 10 Mb/s sedangkan 3 mempunyai kecepatan minimum 30 Mb/s. lalu ada UHS-II teknologi terbaru untuk microSD perbedaan UHS dengan UHS-II ada di bus atau lempengan kuning yang terdapat di microSD, jika microSD UHS memiliki lempengan kuning satu baris dengan kecepatan maksimal 104 Mb/s sedangkan untuk microSD UHS II memiliki lempengan kuning dua baris dengan kecepatan maksimal 314 Mb/s. Atau kamu bisa melihat gambar dibawah ini:
Kemudian ada kategori yang bernama video speed class dengan lambang V dengan disertai angka seoerti V10 yang memiliki kecepatan 30 Mb/s atau V30 yang berarti memiliki kecepatan 60 Mb/s . Jadi jika smartphone kamu hanya bisa merekam fullHD maka microSD dengan V10 sudah cukup untuk menyimpan hasil rekaman.tetapi kalau smartphone kamu sudah bisa merekam dengan resolusi 4K maka yang tulisannya V30 lebih cocok untuk smartphone kamu.

Untuk kamu yang hobi ngegame yang aplikasi atau datanya tersimpan dimicroSD. MicroSD mempunyai klasifikasi tersendiri yaitu namanya application performance class lambangnya ada A1 dan A2. Berbeda dengan jenis microSD yang sudah kita bahas sebelumnya. Lambang angka ini bukan menentukan kecepatan si microSD tetapi dari iops. Iops adalah input/output operation per second, berbeda dari transfer rate iops ini menilai dari berapa banyak operasi yang dilakukan secara random dalam 1 detik. A1 berarti memiliki minimum random readnya 1500 iops sedangkan writenya 500 iops. Sedangkan A2 memiliki kecepatan yang lebih ngebut lagi dengan random readnya 4000 iops dan writenya 2000 iops. Data yang tersimpan dalam microSD itu tersimpan secara acak jadi untuk membaca data yang yang tersimpan dalam microSD diperlukan kecepatan untuk menemukan dan mengambil data yang tersimpan secara acak tersebut. 


Nah sekarang sudah tau kan microSD untuk smartphone kamu, semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...